Pages

Tuesday, September 28, 2010

Awal Musim Tanam, Permintaan Alat Pertanian di Gunungkidul Meningkat


Proses pengerjaan pande besi, untuk mengerjakan alat pertanian. Foto: Dedy EW
WONOSARI (KRjogja.com) - Ditetapkannya pertengahan Bulan September sebagai awal musim tanam 2010 ternyata membawa berkah tersendiri bagi sentra kerajinan pande besi di Kajar, Karangtengah, Wonosari. Sebab penjualan produksi alat pertanian naik, mengingat kebutuhan petani akan alat pertanian baru juga meningkat.

“Kenaikan permintaan mencapai 30 persen lebih. Terutama untuk alat seperti sabit dan "gathul". Mudahnya mendapatkan bahan baku, membuat pelayanan permintaan tidak menjadi masalah,” kata Marmin salah satu perajin pande besi di Dusun Kajar III, Wonosari, Selasa (28/9)

Dijelaskan, harga sabit berkisar Rp 10 ribu sampai Rp 20 ribu, bendo mencapai Rp 10 ribu. Sedangkan "gathul" Rp 10 ribu. Kondisi harga yang masih stabil ini membuat permintaan mengalir cukup banyak. Guna memenuhi permintaan pasar, setiap hari delapan pekerja terus beraktivitas untuk memproduksi beragam alat pertanian.

“Permintaan selain lokal DIY, juga banyak pesanan dari berbagai daerah yakni Magelang serta Wonogiri. Memang penjualan ke luar wilayah ini cukup bagus, karena biasanya konsumen yang juga merupakan pedagang mengambil dalam jumlah yang banyak,”  tukas Marmin yang sudah merintis usahanya sejak tahun 1975 ini.

Hal serupa juga diungkapkan Ngadi salah satu pekerja pande besi yang ditemui terpisah. Selain permintaan lokal meningkat, banyak juga pesanan dari luar Jawa seperti Sumatra dan Sulawesi. Semenjak memasuki musim tanam, banyak pesanan yang masuk. Sehingga pekerja berupaya semaksimal mungkin untuk memproduksi produk sesuai dengan permintaan pasar. (R-2)


Sumber : www.krjogja.com

1 comments:

Unknown said...

INI ADALAH TAHUN BARU LAGI, APAKAH ANDA USAHA MAN / WANITA, A PEKERJA DI ORGANISASI, Wiraswasta? Membutuhkan pinjaman pribadi untuk bisnis tanpa stres, Jika demikian, hubungi kami hari ini, kami menawarkan pinjaman tahun baru pada tingkat bunga rendah dari 2%, Anda dapat memulai tahun baru dengan senyum di wajah Anda, keselamatan, kebahagiaan kami pelanggan adalah kekuatan kita. Jika Anda tertarik, mengisi formulir aplikasi pinjaman di bawah ini:
Informasi Peminjam:

Nama lengkap: _______________
Negara: __________________
Sex: ______________________
Umur: ______________________
Jumlah Pinjaman Dibutuhkan: _______
Durasi Pinjaman: ____________
Tujuan pinjaman: _____________
Nomor ponsel: ________

Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi kami sekarang melalui email: gloryloanfirm@gmail.com

Post a Comment

Share