Pages

Tuesday, September 21, 2010

Berita Hari Ini

Longsor di Nglipar, 28 Warga Diungsikan
22/09/2010 WONOSARI (KR) - Sebanyak 28 warga terdiri 7 Kepala Keluarga (KK) korban bencana longsor di Dusun Trosari, Danyangan, Pilangrejo, Nglipar (KR-Selasa 21/9) diungsikan di tenda-tenda. Mereka mencemaskan kondisi bukit yang retak sepanjang 25 meter. Jika terus menerus diguyur hujan, dikhawatirkan terjadi bencana longsor susulan.
Terkait bencana alam tersebut, Bupati Gunungkidul Prof Dr Ir Sumpeno Putro MSc  langsung meninjau lokasi dan melakukan dialog dengan warga kemungkinan dilakukan relokasi. ”Tahap pertama yang kita lakukan mengajak masyarakat untuk kerja bakti dan menjauhi lokasi bencana dengan mengungsikan sebanyak 7 kepala keluarga ke tenda-tenda bantuan dari PMI Cabang Gunungkidul. Kedua, memberi bantuan logistik dan memperhatikan kesehatan bagi korban. Ke depan sebagian  warga sudah ada kesanggupan untuk relokasi,” kata Bupati Prof Dr Ir Sumpeno Putro MSc di lokasi bencana (Selasa 21/9).
Dalam dialog dengan bupati, warga telah bersepakat untuk pindah. Secara geografis berdiam di lereng perbukitan tidak nyaman dan keselamatan selalu terancam jika terjadi hujan terus menerus. Karena sebagian warga telah memiliki tanah di tempat lain yang aman longsor, ke depan segera akan melaksanakan relokasi. ”Kami berharap pemerintah kabupaten juga membantu. Karena untuk pindah rumah membutuhkan biaya banyak,” kata Marjuki salah satu warga Trosari.
Menurut Drs Iswandoyo MSi dari PMI Cabang Gunungkidul, dari sebanyak 7 Kepala Keluarga terdapat 6 KK dalam kondisi rawan yaitu rumah Ny Prapto Wiyono (65), Ny Kromo Tumi (70), Ny Wagino (60), Lagiyanto (40), Arjo Suwito (50),  Marmorejo (50) dan Minto Rejo (56) dengan total warga sebanyak 28 jiwa.
”Bencana longsor terjadi karena wilayah ini diguyur hujan terus menerus. Tidak hanya menyebabkan rumah warga rusak, tapi tebing hunian warga mengalami retak di dua lokasi antara bawah dan atas masing-masing sepanjang 25 meter,” imbuhnya.
Ditambahkan Kabag Humas CB Supriyanto SIP, terkait dengan bencana longsor ini bupati langsung meminta bantuan Pemprov DIY melalui Dinas Sosial agar segera memberikan bantuan. Begitu juga dengan pemerintah kabupaten, PMI Cabang Gunungkidul sudah menyalurkan bantuan dalam bentuk logistik, 5 tenda untuk mengungsi juga berbagai peralatan rumah tangga dan tempat tidur.
Sekretaris Badan Kesatuan Bangsa, Perlindungan Masyarakat dan Politik (Kesbanglimaspol) Gunungkidul Budhiarjo SH MH mengingatkan agar semua warga  mewaspadai ancaman bencana. 
(Bmp/Awa/*-10/Ewi)-b
 

0 comments:

Post a Comment

Share