Pages

Sunday, September 26, 2010

Daftar Tunggu Haji Gunungkidul Habis Tahun 2015

GUNUNGKIDUL (KRjogja.com) - Daftar tunggu calon haji di Kabupaten Gunungkidul baru akan habis pada 2015 sehingga pendaftaran saat ini adalah untuk pemberangkatan 2016. Daftar tunggu calon haji reguler di kabupaten ini cukup panjang sehingga baru habis diberangkatkan pada 2015.
Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah, Kementerian Agama Kabupaten Gunung Kidul, Untung Santoso mengatakan, masyarakat yang hendak naik haji melalui jalur reguler biasanya mendaftar dulu dan pelunasan biaya haji dilakukan secara diangsur. "Sistem pembayaran tidak secara kontan dimaksudkan untuk mempermudah masyarakat yang akan menunaikan rukun Islam ke lima tersebut," katanya di Wonosari, Minggu (26/9).
Dia mengatakan, pada 2010 kuota calon haji yang akan diberangkatkan berjumlah 375 orang. "Calon haji Gunung Kidul akan diberangkatkan dalam dua gelombang, gelombang pertama dengan kelompok terbang 44 sampai dengan kelompok terbang 47, sedangkan gelombang ke dua dengan kelompok terbang 48 sampai dengan kelompok terbang 52," katanya.
Para calon haji tersebut akan diberangkatkan melalui embarkasi Donohudan Solo, Jawa Tengah, dan akan diberangkatkan dari Kabupaten Gunung Kidul pada 24 Oktober 2010 pukul 17.00 WIB. "Jadwal keberangkatan dari embarkasi Donohudan Solo direncanakan pada 25 Oktober 2010 pukul 19.00 WIB dan akan tiba di Jedah, Arab Saudi pada 26 Oktober 2010 pukul 03.30 waktu Jeddah dengan menggunakan pnerbangan GIA 6409," katanya.
Dia mengatakan untuk saat ini proses persiapan keberangkatan haji sampai pada tahap imunisasi yang dilakukan bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Gunung Kidul. "Calon haji akan diberi vaksin yang didatangkan dari Italia, kalau pada 2009 vaksin didatangkan dari Belgia," katanya.
Sementara itu, Kepala Bidang Penanggulangan Penyakit, Dinas Kesehatan Gunung Kidul, Sri Raharto, mengatakan para calon haji akan diberi vaksin meningitis dan influenza. "Kami baru berkoordinasi dengan Depag Gunung Kidul untuk membicarakan teknis pemberian vaksin, rencananya dilaksanakan minggu depan di lantai dasar Masjid Agung Al Ikhlas Wonosari," katanya. (Ant/Van)


Sumber : www.krjogja.com

1 comments:

Unknown said...

Assalamualaikum...saya putra daerah gunungkidul, saat ini tinggal di jawa barat..saya mau daftar haji di gunungkidul..mohon bantannya prosesnya...terimaksih...wasalamualaikum..

Post a Comment

Share