Pages

Wednesday, September 22, 2010

Pasar Sehat Di Gunungkidul Perlu Diwujudkan

Rabu, 22 September 2010 16:16:00
drh Wilfried Purba MM (kanan) tinjau Pasar Argosari. (Foto : Dedy EW)
WONOSARI (KRjogja.com) - Direktur Penyehatan Lingkungan (PL) Ditjen Kementrian Kesehatan drh Wilfried Purba MM meninjau Pasar Argosari Wonosari, Rabu (22/9). Kedatangan rombongan Kementrian Kesehatan diterima Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) drg H Widodo MM serta instansi terkait.
Disela-sela peninjauan drh Wilfried MM mengungkapkan, yang paling penting untuk mewujudkan pasar sehat perlu perubahan perilaku Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Artinya tidak hanya pengelola pasar, namun seluruh pedagang hingga tukang parkir harus berperan.
“Keberadaan posko kesehatan di pasar memang masih terkendala minimnya peralatan. Oleh karena itu perlu kerjasama dengan puskesmas setempat, perlu juga dipermanenkan serta menempatkan petugas dalam posko. Karena berdasarkan laporan, puluhan pengunjung sering memanfaatkan layanan ini. Dengan adanya kerjasama dengan puskesmas serta ditempatkannya petugas, diharapkan posko kesehatan bisa melayani baik pengunjung maupun pedagang dengan maksimal,” tukasnya.
Terkait dengan penanganan limbah dan saluran air, Wilfried menambahkan, memang masih ada pedagang di los daging yang kurang tertib. Mereka membuang potongan daging pada westafel sehingga menyebabkan aliran mampet. Penanganan limbah sampah juga sudah bagus karena dibawa ke tempat pembuangan dan langsung diangkut dengan mobil sampah. Secara umum kondisi Pasar Argosari sudah bagus, ada yang mesti dibenahi namun hanya sedikit.
Kepala Kantor Pengelolaan Pasar Kabupaten Gunungkidul Sujarwo menyatakan, untuk mendukung kebersihan pasar, baik petugas maupun pedagang secara bersama-sama rutin membersihkan area pasar. Sedangkan untuk pemisahan limbah sampah memang masih sulit dilakukan, karena pernah dicoba untuk ditempatkan tong sampah guna memisahkan jenisnya. Namun kenyataannya masih banyak yang mencampur pembuangan sampah. (R-2)

Sumber : www.krjogja.com

0 comments:

Post a Comment

Share