Pages

Wednesday, September 22, 2010

Survei Ekowisata Gunung Api Purba Nglanggeran

Serasa tidak percaya ketika mendengar pegunungan seribu di Gunungkidul yang merupakan pegunungan karst dulunya merupakan sebuah gunung berapi purba raksasa yang menyatu dengan Gunung Merapi yang berada di sebelah utara kota Yogyakarta.
Gunung Nglanggeran terletak di desa Nglanggeran, Kecamatan Patuk kabupaten Gunungkidul. Berada dikawasan Baturagung di bagian utara Kabupaten Gunungkidul dengan ketinggian antara 200-700 mdpl.
Ekowisata Gunung Api Purba Nglanggeran
Kami tidak menyangka kalau lokasi obyek wisata ini yang sekarang sudah dibuka menjadi kawasan ekowisata berada tidak jauh dari Bukit Patuk Gunungkidul. Cukup disayangkan papan penunjuk arah menuju obyek wisata ini terlalu kecil sehingga banyak wisatawan tidak tahu kalau di dekat Bukit Patuk terdapat obyek wisata yang cukup menarik.
Kata Nglanggeran berasal dari kata planggaran yang bermakna setiap perilaku jahat pasti ketahuan. Ada juga yang mengatakan berasal dari kata langgeng.
Memasuki kawasan wisata ekologi Nglanggeran ini, suasana tampak sepi. Menurut penduduk sekitar, keramaian di obyek wisata ini biasanya pada waktu ada kirab budaya atau pawai dan kegiatan outbound yang diadakan oleh organisasi atau instansi.
Ekowisata Nglanggeran ini menyimpan pesona dan cerita misteri yang menyelimutinya. Hampir sama dengan mitos yang terjadi di daerah lain, Gunung Nglanggeran dijaga oleh tokoh pewayangan, Punakawan dan Kyai Ongkowijoyo. Di beberapa tempat di kawasan ekowisata ini kerap dijumpai sesaji dan ritual.
Akhirnya kami mencoba memasuki area obyek wisata yang gerbang masuknya merupakan sebuah pendapa yang dinamai pendapa Joglo Kalisong. Kami memilih rute ke kanan menuju ke dinding tebing batu yang menjulang tinggi. Dari puncak tebing muncul percikan air sebagian mengalir di dinding batu, sangat indah untuk dilihat. Di sampingnya terdapat lokasi untuk panjang tebing.
Kemudian kami mengambil jalan ke kiri dari pintu masuk untuk menaiki sebuah bukit batuan yang paling rendah untuk berfoto bersama dan tidak jadi mendaki sampai puncak gunung karena waktu tidak memungkinkan dan cuaca sedang kurang bagus. Kami berharap dilain waktu bisa menikmati pemandangan alam dari puncak gunung Nglanggeran.

Sumber : www.teamtouring.net

1 comments:

Sadam_ said...

kereennn, penegen kesana.. itu udah jadi tempat wisatakan ya..
IZIN SHARE

Post a Comment

Share