Pages

Monday, October 11, 2010

Gempa 3,9 SR kejutkan warga GK



20101011132559_GEMPA.JPG
GUNUNGKIDUL: Gempa berkekuatan 3,9 SR (Skala Richter) yang terjadi pada Senin (11/10) dinihari sempat mengejutkan warga Gunungkidul. Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat pusat gempa berada di 17 kilometer barat daya Kota Wonosari tepatnya di 8,09 Lintang Selatan-11,05 Bujur Timur pada pukul 03.05 WIB.

Seorang warga Panggang yang sempat ditemui Harian Jogja, Jajat, mengaku guncangan gempa hanya mengejutkan karena warga tidak mengalami kepanikan. "Hanya terkejut karena terjadinya cuma satu-dua detik," ungkap warga Desa Girisekar, Panggang, tersebut.

Dihubungi terpisah, Kepala BMKG Stasiun Geofisika DIY, Budi Waluyo, mengatakan gempa yang terjadi dinihari tadi termasuk gempa dangkal dan terjadi di darat. Karena itu, meski kekuatan gempa tergolong lemah, warga masih dapat merasakan.

Menurut dia, sebelum gempa terjadi pada Senin dinihari, BMKG sempat mencatat gempa berkekuatan 1,9 SR terjadi di 7,95 LS-110,45 BT tepatnya di 11,6 kilometer tenggara Bantul.

"Meski kedalamannya 10 kilometer, warga tidak dapat merasakan gempa itu karena kekuatannya lemah sekali," ungkap Budi.

Sementara, Kepala Badan Kesatuan Bangsa, Politik, Perlindungan Masyarakat dan Penanggulangan Bencana (BKBP2MPB), YD Nugroho, mengatakan sampai saat ini tidak ada laporan kerusakan akibat gempa.

"Pantauan yang kami [BKBP2MPB] lakukan sampai siang hari ini tercatat tidak ada kerusakan. Warga hanya mengaku terkejut namun tidak sampai panik karena gempa berlangsung cepat," ungkapnya. (Harian Jogja/Galih Eko Kurniawan) 

sumber : www.harianjogja.com

0 comments:

Post a Comment

Share